Wednesday, October 14, 2009

Aplikasi turunan parsial dalam kehidupan nyata

SELAMAT DATANG
Tahukah kalian apa Turunan itu ??selama ini kita hanya mempelajari teori dan teori,rumus dan rumus saja. tapi tahukah kalian untuk apa kita mempelajari turunan ??Mengapa sampai di perguruan tinggi pun kita masih terus dicekoki turunan ??mau tau ??tenang tenang...di sini saya akan coba menjawab petanyaan-pertanyaan di atas.

Sekarang kita jawab dulu pertanyaan yang pertama. apa itu Turunan ?Turunan atau Diferensial merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang digunakan untuk menyatakan hubungan kompleks antara satu variabel tak bebas dengan satu atau beberapa variabel bebas lainnya.Turunan ini telah berkembang sejak zaman Sir Isaac Newton dan Leibniz. Newton mengembangkan turunan secara umum ke bidang fisika, sementara Leibniz mengembangkan notasi-natasi kalkulus yang banyak digunakan sekarang. turunan memiliki peran yang besar serta banyak diterapkan pada berbagai bidang ilmu seperti fisika, teknik, biologi, kimia, ekologi, ekonomi dan ilmu-ilmu lainnya.


Aplikasi turunan meliputi perhitungan kecepatan dan percepatan, kemiringan suatu kurva, dan optimalisasi. Turunan juga digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih rinci mengenai ruang, waktu, dan gerak. Selama berabad-abad, para matematikawan dan filsuf berusaha memecahkan paradoks yang meliputi pembagian bilangan dengan nol ataupun jumlah dari deret tak terhingga.


Karena itu kita wajib mempelajari turunan,sebab turunan banyak digunakan di setiap cabang sains fisik, sains komputer, statistik, teknik, ekonomi, bisnis, kedokteran, kependudukan, dan di bidang-bidang lainnya. Setiap konsep di mekanika klasik saling berhubungan melalui turunan. Massa dari sebuah benda dengan massa jenis yang tidak diketahui, momen inersia dari suatu objek, dan total energi dari sebuah objek dapat ditentukan dengan menggunakan turunan. Dalam subdisiplin listrik dan magnetisme, turunan dapat digunakan untuk mencari total fluks dari sebuah medan elektromagnetik . Contoh historik lainnya adalah penggunaan turunan di hukum gerak Newton, diekspresikan dengan laju perubahan yang merujuk pada turunan: Laju perubahan momentum dari sebuah benda adalah sama dengan resultan gaya yang bekerja bada benda tersebut dengan arah yang sama. Bahkan rumus umum dari hukum ke-dua Newton: Gaya = Massa × Percepatan, mengandung diferensial karena percepatan bisa diekspresikan sebagai turunan dari kecepatan. Teori elektromagnetik Maxwell dan teori relativitas Einstein juga diekspresikan dengan diferensial kalkulus.

Gimana ? udah ngerti kan sekarang ?belum ?waduh... kemampuan saya menjelaskan cuma sampai sini ajah nih. hmmm... ya udah deh kalau temen-temen belum paham benar silahkan temen-temen bertanya langsung ke pengajar masing-masing. hehe...



TERIMA KASIH

2 comments:

  1. Haha...iseng banget milih font kayak begitu... :P

    oh,iya, kalo sempet mampier ke tulisan saya ini okeh ?

    sippp...

    ReplyDelete