Monday, September 28, 2009

Faktor Kegagalan Proyek TI

SELAMAT DATANG

Banyaknya investasi proyek yang gagal, baik pada tahap pembangunan maupun tahap operasi, membuat perlunya ketepatan dan ketelitian dalam tahap studi kelayakan proyek agar risiko kegagalan seperti itu di kemudian hari dapat dikurangi dengan memperbaiki project managementnya.


Proyek yang baik adalah proyek yang harus memperhatikan kemampuan/kapasitas alat, kemampuan manusianya, informasi dan pengelolaan yaitu dengan memperhatikan kemampuan dari semua itu, mulai dari alat, maintenance, hasil produksi sampai dengan pengelolaan nya. Sehingga dengan demikian proyek akan terselesaikan dengan baik dan unik. Contohnya : Pengelolaan TI dengan software monitoring dan mendata teknologi.


Dalam pengerjaan proyek, resiko apapun dapat timbul, hal ini dikarenakan adanya factor internal dan eksternal. Factor internalnya adalah perencanaan konsep proyek yang kurang matang,sedangkan faktor eksternal lingkungan mempengaruhi kondisi dan menimbulkan dampak bagi pelaksanaan proyek. faktor eksternal ini adalah faktor yang sulit untuk dikendalikan.
Contohnya:
•Kondisi perekonomian dengan adanya inflasi, naiknya harga-harga
• Kondisi politik
• Kondisi social
• Kondisi UU/hokum

Karena resiko-resiko itu, maka diperlukan adanya studi kelayakan proyek sebelum proyek tersebut dipublikasikan,demi memperkecil kemungkinan-kemungkinan kegagalan proyek.

No comments:

Post a Comment