Saturday, October 31, 2009

Work Breakdown Structure (WBS)

Selamat Datang Di Blog Why Kawaii

Structure rincian pekerjaan atau Work Breakdown Structure (WBS) merupakan suatu daftar yang bersifat top down dan secara hirarkis menerangkan komponen-komponen yang harus dibangun dan pekerjaan yang berkaitan dengannya.Di dalam daftar tersebut tugas di bagi-bagi menjadi subtugas yang lebih kecil dengan tujuan untuk mempermudah dalam penyelesaiannya dan penghematan waktu. Lihat gambar di bawah ini !


Dari gambar dapat dilihat sebuah project yang di pecah menjadi task-task yang masing-masing task tersebut dipecah kembali menjadi subtask yang lebih kecil dan spesifik. sehingga dari subtask tersebut dapat di cari penyelesaiannya dengan mudah. karena sifatnya hirarki, maka WBS juga dapat di tampilkan dalam bentuk skema.

Ada beberapa keuntungan dari WBS ini, antara lain :

  • Menunjukkan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan
  • Memberikan dasar untuk mengalokasikan sumber daya, menyusun jadwal, dan menghitung biaya yang di perlukan
  • Mendorong untuk mempertimbangkan secara lebih serius dan selektif sebelum membangun suatu proyek


Peran WBS Dalam Perencanaan Proyek

Karena kompleksitas pekerjaan, unsur perencanaan memegang peranan yang semakin penting. Banyak kegiatan dapat dikatakan sebagai suatu proyek, yang berarti bahwa mempunyai tujuan tertentu dan usaha untuk mencapainya dibatasi oleh waktu dan sumberdaya tertentu. Perencanaan yang sistematis menimbulkan kepercayaan dalam penyelesaian proyek. Salah satu cakupan dalam perencanaan tersebut adalah masalah penjadwalan atau schedulling proyek. Dalam hal ini WBS sangat membantu sehingga pekerjaan akan terstruktur dan terjadwal dengan baik.Dengan memanfaatkan daftar pekerjaan pada WBS, akan dapat diperkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan tersebut. Perkiraan bisa dilakukan dengan mempertimbangan beberapa hal, antara lain ketersediaan sumber daya dan kompleksitas.



TERIMA KASIH

2 comments:

  1. wah...blognya udah semakin berkembang nih kayaknya..sering - sering nulis ya,wie...

    ReplyDelete