Tuesday, February 8, 2011

Manajer Proses (Process Manager) pada Sistem Operasi

               Sistem operasi mengeksekusi berbagai jenis program. Pada sistem batch, program tersebut biasanya disebut dengan job, sedangkan pada Time Sharing, program tersebut disebut dengan program user atau task. Proses merupakan sebuah program yang sedang dieksekusi.  Proses sendiri membutuhkan sumber daya seperti CPU, memory, I/O, files. Sistem operasi mengalokasikan sumber daya ketika proses mengeksekusi sebuah program, dan ketika proses itu berhenti maka sistem operasi akan mengambil kembali sumber daya tersebut untuk proses-proses lainnya.


Tanggung jawab sistem operasi terhadap aktivitas manajemen proses yaitu :
  • Pembuatan dan penghapusan proses pengguna dan sistem proses => Sistem operasi bertugas mengalokasikan sumber daya yang dibutuhkan oleh sebuah proses dan kemudian mengambil sumber daya itu kembali setelah proses tersebut selesai agar dapat digunakan untuk proses lainnya.
  • Menunda atau melanjutkan proses => Sistem operasi akan mengatur proses apa yang harus dijalankan terlebih dahulu berdasarkan berdasarkan prioritas dari proses-proses yang ada. Apa bila terjadi 2 atau lebih proses yang mengantri untuk dijalankan, sistem operasi akan mendahulukan proses yang memiliki prioritas paling besar
  • Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi => Sistem operasi akan mengatur jalannya beberapa proses yang dieksekusi bersamaan. Tujuannya adalah menghindarkan terjadinya inkonsistensi data karena pengaksesan data yang sama, juga untuk mengatur urutan jalannya proses agar setiap proses berjalan dengan lancar
  • Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi => Sistem operasi menyediakan mekanisme agar beberapa proses dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi (contohnya berbagi sumber daya antar proses) satu sama lain tanpa menyebabkan terganggunya proses lainnya.
  • Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock => Deadlock adalah suatu keadaan dimana sistem seperti terhenti karena setiap proses memiliki sumber daya yang tidak bisa dibagi dan menunggu untuk mendapatkan sumber daya yang sedang dimiliki oleh proses lain. Saling menunggu inilah yang disebut deadlock(kebuntuan). Sistem operasi harus bisa mencegah, menghindari, dan mendeteksi adanya deadlock. Jika deadlock terjadi, sistem operasi juga harus dapat memulihkan kondisi sistemnya.
                Dari beberapa pendapat saya menyimpulkan proses manajer itu merupakan kegiatan perencanaan dan pemantauan kinerja proses suatu sistem. Proses manajer sangat berperan dalam hal berbagi sumber daya dan juga efisiensi waktu karena proses yang ada dalam sistem operasi sangat banyak. Suatu proses dapat terdiri dari single-thread dan multi-thread. Keuntungan sistem thread adalah respon lebih cepat, menggunakan resource bersama-samalebih ekonomis dan meningkatkan utilitas arsitektur mikroprosesor.





sumber : http://wavacitputri.blogspot.com/2010/02/sistem-operasi.html dan beberapa pendapat dari teman-teman.

15 comments:

  1. wi kalo aplikasi TASKmanager pd komputer itu cara kerjanya menggunakan prosess management kan?? Bila ada kesalahn atau program hang...maka dibagian mana permasalahan itu dalam prosess management

    Trmksh :)

    ReplyDelete
  2. kan komputer zaman sekarang sudah bisa multitasking,..nah apakah sama process manager antara komputer yg multitasking dan komputer yg blm bisa multitasking?

    ReplyDelete
  3. Pada saat proses suatu aplikasi di operating system kenapa tau - tau muncul blue screen y? apa yg menyebabkannya?

    ReplyDelete
  4. mba dwi..maaf saya mau tanya,kapan dia single thread dan kapan dia multi thread?
    makasi yaa

    ReplyDelete
  5. single thread dengan multi thread perbandingan kcepatannya seberapa jauh y kira2??

    ReplyDelete
  6. thank informasinya say, kyaknya perlu juga tuch rata kiri kanan nyaaa perbaiki. ntar qlo udah kasih tau gw carany iyaaaa....
    bis punya gw jg blognya gag bisa rata kiri kanan hehehehehe

    ReplyDelete
  7. Pada proses sinkronisasi, menurut saya sistem operasi tidak bertanggung jawab sepenuhnya. Pemrograman aplikasi yang tidak baik juga dapat mengakibatkan asinkronisasi data pada variabel-nya sendiri.

    ReplyDelete
  8. ndra, yang jadi masalah tu bukan asinkronnya tapi inkonsistensinya data. misalnya flashdisk yang tidak bisa diremove, padahal sudah tidak terpakai tapi ketika diminta remove windows bilang masih terpakai suatu proses.

    ReplyDelete
  9. pada saat menunda dan melanjudkan proses apabila terjadi 2 atau lebih proses yang di jalankan. maka akan di jalankan proses yang memiliki prioritas terbesar. maksud dari prioritas terbesar itu apa ?? berdasarkan besarnya data apa waktu pengambilan data???

    ReplyDelete
  10. Menunda atau melanjutkan proses ntu emng dari yg besar di dahulukan ya??trus apa ntu gk terjadi tabrakan data sehingga terjadi korup yg bisa menyebabkan ngehang

    ReplyDelete
  11. Dwii nyambung pertanyan diatas masalah inkonsistensinya data, masalah yang flash disk dah g ada proses lagitapi masih ada proses yang dkerjakan itu ngaruhnya ke pemrosesan managemennya gmana..

    ReplyDelete
  12. @iqbal:
    huh? baca lagi
    "asinkronisasi data pada variabel-nya sendiri"
    ini di luar konteks hardware.

    ReplyDelete
  13. waduuuhhh teman2ku sayang jawabannya dipending dulu ya hahahaha, saya msh mencari-cari karena saya jg baru blajar ttg proses manajer.. hehehehe
    kalo ada yg bs jawab ya boleh lah berbagi :) :) :)

    ReplyDelete
  14. adi : di bagian mananya w kurang tau, tp kalau masalah komputer suka nghang mungkin permasalahan lebih d kemampuan dr prosesor kmptr x ya, biasanya kn kalo nghang itu gara2 qt byk buka aplikasi gt kn, misalnya kompter cuma bs buka maks 4 program atau aplikasi, tp qt maksa buka 1 aplikasi lg yaa kmungkinan bs tjadi hang.. iya ga siy ? :)


    rizqi : beda x yaa, diliat dr pengertian multitasking sendiri juga uda kliatan deh.. hehehe



    ridho : blue screen maksudnya ?sori w ga paham ptanyaan lw hehehe...


    muhtadi : perbandingan pastinya w ga tau, yg jelas lebih cepet yg multi thread, misalnya kalo qt donlot video atau apapun lah ya, pke idm sama ga pke idm beda kn ?pake idm lbh cepet krna d idm dy mecah jd thread2 gt..



    untuk mba ella, sebenarnya saya jg kurang tau kapan proses itu single thread dan kapan multithread, dr sumber yg saya baca saya cuma bs ngasih contoh yg idm itu hahahaha, uda pernah pake idm belom ?kn ada perbedaan tuh antara donlot mp3 dengan video atau film, kalo donlot mp3 idm itu singlethread, tp kalo video atau film dy multithread..


    mav yaa kalo salah n ga puas baru belajar jg saya hehehe...

    ReplyDelete