Monday, March 29, 2010

Desain

Desain adalah proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Desain dalam publikasi berarti menciptakan dan menyampaikan suatu makna. Untuk menyampaikan pesan, kita dapat menggunakan dan mengkombinasikan unsur–unsur bentuk, struktur, dan kreativitas, yaitu dengan menciptakan suatu desain dan mengorganisasikan / mengatur isi yang menarik secara visual, menyatukan, dan kemudian menyajikannya kepada target audiens. Dalam mendesain ada beberapa prinsip yang mendasar, yaitu :
  1. Metaphor => Suatu konsep desain dengan melihat desain yang sudah ada sebagai referensi untuk dikembangkan lagi menjadi sebuah konsep desain yang berbeda dan unik. Metaphor memberikan kesempatan melihat suatu konsep desain dengan sudut pandang baru, sehingga desainer dapat mengumpulkan informasi-informasi dan interpretasi baru. Metaphor sangat membantu dalam pencapaian pemecahan-pemecahan baru dalam proses desain. Contoh penerapan metaphor terlihat jelas pada situs www.worldwidestore.com, pada situs tersebut desainer memakai konsep desain seperti sebuah pusat perbelanjaan atau mall. Sehingga saat memasuki situs tersebut, kita seolah-olah berada di mall. Produk-produk ditata rapi dalam lorong-lorong sehingga memudahkan konsumen dalam memilih untuk kemudian membelinya. Penerapan metaphor yang digunakan desainer ini tentu saja menjadikan situs tersebut unik dan berbeda dari situs-situs lainnya.
  2. Clarity => merupakan kejelasan yang mempengaruhi penafsiran seseorang akan sebuah karya desain. Bagaimana sebuah desain tersebut dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu/makna ganda. Seperti pada situs www.schwab.com yang secara jelas mendeskripsikan bahwa situs tersebut bergerak dalam bidang ekonomi, yaitu tentang investasi atau penanaman modal, perbankan, dll.
  3. Consistency => merupakan satu hal yang paling penting dalam membuat user interface. Contoh konsistensi adalah ketika satu event klik berlaku untuk memilih item maka event tersebut juga digunakan untuk event yang lain. Masalah penempatan tombol juga harus konsisten, konsistensi ini bisa dilihat dari penempatan tombol, label atau warna yang digunakan. Dengan adanya konsistensi ini maka akan membantu untuk membentuk mental user untuk memahami cara kerja aplikasi. Sebagai contoh penerapan prinsip consistency ini yaitu seperti terlihat dalam situs www.santafean.com. Santa fean merupakan sebuah majalah yang berisi tentang lifestyle, art, health, real estate, dsb. Di dalam situsnya kategori-kategori tersebut didesain secara seragam atau konsisten antara desain di kategori yang satu dengan kategori yang lainnya.
  4. Alignment => Setiap elemen dalam suatu halaman seharusnya memiliki hubungan dengan elemen lain untuk menjamin kehalusan dan kemudahan pembacaan. Alignment menciptakan karya yang bersih dan rapi sehingga mengarahkan perhatian ke pesan kunci dan membantu menghubungan elemen grafis yang lain secara visual.Suatu elemen kunci bertindak sebagai titik acuan elemen lain untuk mensejajarkan diri.
  5. Proximity => Prinsip proximity mengharuskan komponen–komponen yang saling berhubungan dikelompokkan bersama untuk membentuk unit yang kohesif. Dengan menggunakan prinsip ini, dapat mengurangi kekacauan dan meningkatkan kejelasan dari pesan yang ingin disampaikan,
  6. Contrast => Penggunaan kontras penting untuk membedakan elemen–elemen dan mengorganisasikannya secara hirarkis dalam desain. Dengan mengkontraskan warna, ukuran, tekstur, atau jenis font, kita dapat membuat kesan yang kuat dalam pesan tersebut dan menarik perhatian ke pesan kunci. Untuk membuat desain yang efektif, jangan hanya membuat perbedaan yang sedikit. Buatlah elemen desain yang berbeda 180 derajat. Jenis font yang besar kontras dengan bagian tubuh teks. Dan foto yang lebih besar kontras dengan foto yang lebih kecil. Elemen–elemennya berbeda dan saling berhubungan, dan perbedaan membuat ketertarikan visual. Dalam situs www.delta.com penggunaan warna tidak terlalu banyak. Hanya background warna putih kebiru-biruan dengan isi teks warna hitam serta warna biru tua n biru muda untuk judul postingnya.

Sumber :

http://publicahealth.wordpress.com/2009/05/14/dasar-dasar-desain/

http://www.buditama.com/

http://belajargrafis.ismywebsite.com

http://digilib.petra.ac.id/jiunkpe/s1/ars4/2008/jiunkpe-ns-s1-2008-22403075-9306-tren_mode-chapter3.pdf.

No comments:

Post a Comment